OtoTech

Ahad, Badai Matahari Diprediksi Hantam Bumi 

Badai matahari. (sumber;internet)

COLORADO - Pusat Prakiraan Cuaca Ruang Angkasa (SWPC) yang berlokasi di Colorado Amerika Serikat, memperingatkan adanya badai matahari yang menghantam bumi. Badai tersebut diperkirakan datang pada Ahad ini.

Dilansir dari Fox News, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) menyatakan melihat lubang polaritas koronal dengan aliran kecepatan tinggi dalam pengamatannya. Tak dijelaskan kapan tepatnya badai tersebut akan tiba di bumi. 

Peneliti NASA Alex Young dalam laporan yang diterbitkan Senin (9/4/2018), menyebut setidaknya ada tiga lubang koronal substansial yang mendemonstrasikan medan magnet matahari. Pengamatan tersebut terlihat pada Minggu (8/4).

"Ini adalah area medan magnet terbuka dari angin matahari berkecepatan tinggi yang bergerak ke luar ke angkasa," ujar Young.

"Angin matahari ini, jika ia berinteraksi dengan magnetosfer (bumi), dapat memunculkan aurora di dekat kutub," imbuhnya.
Badai magnetik di permukaan matahari dapat membentuk apa yang dikenal sebagai 'jilatan api matahari'. Jika badainya cukup kuat, maka akan menyebabkan pelepasan massa koronal (CME).

CME adalah ledakan besar medan magnet dan plasma dari koronal matahari. Ketika CME berdampak pada magnetosfer Bumi, mereka bertanggung jawab atas badai geomagnetik dan menyebabkan adanya aurora.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...